Sumpah Pemuda tahun ini Aku ingin semua Remaja produktif

Bulan Oktober ini tepatnya pada tanggal 28 kita semua kembali memperingati peristiwa bersejarah yang dinamakan dengan “Sumpah Pemuda”. Tahu gak kamu, dengan tekad tersebut para pemuda dan pemudi terdahulu mereka berhasil memperjuangkan negara kita yaitu Indonesia. Untuk itu kita harus menghormati perjuangan, keringat dan darah dari mereka yang telah mati-matian membentuk sebuah negara yang berdaulat dengan hal-hal yang bersifat produktif. Lalu apa saja kontribusi yang telah kamu berikan kepada bangsa kita ini?

Mudah saja caranya, yang penting kita menjadi manusia yang bermanfaat bagi yang lain maka itu dapat dikatakan dengan 1 poin yang mampu membangun sendi-sendi negara kita. Seperti yang dikatakan dalam sabda nabi bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang memberikan manfaat bagi orang lain. Jadi seperti apa manusia yang bermanfaat itu? Manusia yang bermanfaat adalah manusia yang dapat memberikan pertolongan kepada orang lain dengan ikhlas.

Adapun langkah-langkah menjadi orang yang produktif agar dapat di contoh oleh para remaja yakni sebagai berikut :

  1. Kemauan
    Langkah awal yang menentukan kamu sebagai orang yang bermanfaat adalah dengan adanya kemauan atau niat di dalam hati. Jika kamu masih sekolah maka belajarlah dengan sungguh-sungguh karena dengan begitu waktu, uang dan tenaga orang tua kita tidak akan menjadi sia-sia. Hindari perasaan malas karena itu adalah sifat buruk yang dapat menciutkan rasa kemauan.
  2. Bersungguh-sungguh
    Artinya adalah parameter yang dapat mengukur seberapa besar dan gigih kamu berusaha sehingga akan mendapatkan hasil yang setimpal terhadap apa yang kamu usahakan. Jika kamu tidak bersungguh-sungguh maka kamu termasuk orang yang celaka karena kegagalan sudah pasti kamu dapatkan sebagai hasilnya.
  3. Disiplin
    Orang yang bangunnya selalu kesiangan pasti merupakan orang berkepribadian buruk. Jika sifat ini sudah ada sejak kecil di dalam dirimu segera berubah dan tobat. Orang yang tidak disiplin sama saja dengan orang yang tidak menghargai waktu. Ibaratnya jika hari ini kamu sama dengan hari kemarin maka kamu termasuk orang yang merugi. Jadi disiplin sangat menentukan sukses dan tidaknya kamu dalam kehidupan karena orang disiplin adalah orang yang selalu menghargai dan teratur di dalam kehidupannya.
  4. Selalu memperbaiki diri
    Semua makhluk di muka bumi ini tidak ada yang sempurna. Walaupun telah melakukan yang terbaik tapi kita tetap harus introspeksi diri untuk menghindari kekhilafan yang pernah kita buat. Orang yang selalu berusaha meningkatkan diri termasuk orang yang memiliki produktifitas tinggi.
  5. Mendapat hasil kembali
    Apa yang kita tuai itulah yang akan kita petik nanti. Pepatah ini mengatakan bahwa orang yang memiliki produktifitas dan melakukan hal-hal yang positif akan mendapatkan hasil yang setimpal.

Nah jika langkah-langkah diatas telah tertanam di dalam dirimu maka pasti kamu menjadi orang yang berhasil terutama pada saat masih remaja. Jika semua manusia Indonesia rata-rata memiliki sifat seperti ini, maka dijamin Indonesia akan menjadi negara maju. Namun sayangnya sampai saat ini kita masih saja menjadi negara berkembang. Untuk itu pada peringatan hari sumpah pemuda yang ke 90 ini kita mau mengubah menjadi yang lebih baik untuk kedepannya. Terutama bagi para remaja yang memang paling dituntut untuk berubah dan menghindari segala perbuatan negatif.

Perbuatan negatif yang harus dihindari bagi remaja saat ini adalah

  1. Narkoba
  2. Balap liar
  3. Film Porno
  4. Tawuran

Di zaman now saat ini yang menjadi musuh utama para remaja adalah seperti perbuatan negatif diatas. Untuk itu disarankan bagi semua para remaja untuk memperbaiki diri dan sadar dengan bahaya yang akan timbul pada dirinya di masa yang akan datang. Mari kita bangun dan wujudkan negara Indonesia menjadi lebih baik dan menjadi negara maju seperti cita-cita para pahlawan terdahulu. Semoga kita dilindungi oleh Tuhan yang maha esa.

Sekian “Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke 90”.

1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Merdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *