Marquez lagi-lagi rengkuh pole position di GP Australia

Melaniesubono, Marc Marquez telah resmi menjadi juara dunia motogp 2018 tahun ini. Ia berhasil mengunci gelar juara dunia motogp yang ke 5 pada seri Gp Motegi, Jepang. Setelah cukup puas mereka merayakan kemenangannya di Jepang, kini motogp kembali hadir di Australia, tepatnya di sirkuit Phillip Island yang berbeda waktu sekitar 4 jam dari Jakarta.

Sesi latihan bebas pada hari Jum’at kemarin sempat ditunda akibat hujan yang mengguyur dan menyebabkan red flag. Pada sesi latihan bebas, Marquez sempat mengalami beberapa crash. Seperti yang sudah-sudah, kita dapat menilai dari cara Marc untuk mencari pace dan limit motor terhadap sirkuit. Itulah sebabnya ia beberapa kali mencium aspal sirkuit Phillip Island ini.

Disisi lain hingga sesi kualifikasi berakhir pada sabtu ini, Marc kembali menjadi pole man dan mencatatkan sebanyak 5 kali pole sepanjang musim ini. Perjuangan Marquez untuk menjadi yang tercepat sangatlah tidak mudah. Hal ini disebabkan oleh konsistensi pembalap tim pabrikan Suzuki yang kukuh mencatatkan waktu yang jauh lebih baik. Adalah Andrea Ianone, pembalap yang berjulukan The Maniac ini tampil cukup cemerlang semenjak sesi latihan bebas pertama hingga keempat.

Ianone berhasil mencatatkan waktu dibawah 1 menit 30 detik. Namun kejutan datang di akhir sesi kualifikasi ke dua, dimana Marc berhasil mengangkat namanya ke daftar nomor satu grid esok harinya dengan catatan waktu 1:29,199. Namun rekor yang sebelumnya di pegang oleh Lorenzo yang kala itu mengabdi pada tim pabrikan garpu tala masih belum berubah 1:27,899. Dengan ini maka yang lepas start dari posisi 1, 2, dan 3 adalah Marc Marquez, Maverick Vinales, dan Johan Zarco dimana ada dua motor Yamaha dibarisan 2 dan 3. Sementara itu Ianone yang konsisten tercepat pada sesi latihan bebas hanya berhasil mengamankan posisi start nomor 4, sedangkan Andrea Dovisiozo di posisi start nomor 9.

Yang lebih menarik pada event kali ini adalah Marc menggunakan Glove dan Boot dengan corak Mick Doohan tersebut berhasil menyamakan rekor yang di pegang Casey Stoner selama ini dengan jumlah lima kali pole position di sirkuti Phillip Island.

Source : (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *