Marquez juara lagi di Motogp 2018

Siapa tidak kenal dengan kejuaraan balap motor motogp. Motogp merupakan balap motor protipe yang paling bergengsi di dunia ini. Motogp sudah banyak menelurkan para juara sejak diadakan pertama kalinya tahun 1949. Sejak saat itu pemegang rekor juara terbanyak di pegang oleh pembalap dari Italia yang bernama Giacomo Agostini. Ia telah memenangkan sebanyak 8 kali titel juara dunia motogp dan tercatat memiliki 15 gelar juara dunia di semua kelas.

Sementara itu pembalap legendaris Valentino Rossi yang juga aktif saat ini pada kejuaraan, telah menelurkan sebanyak 7 kali titel juara di kelas motogp dan memiliki total 9 gelar juara dunia di semua kelas. Memang beberapa tahun ini Valentino Rossi masih berjuang untuk mewujudkan gelar juara dunianya yang ke 10. Namun karena krisis yang dialami oleh Yamaha membuat Rossi harus berpuasa meraih gelar yang di impikannya.

Berbicara tentang Valentino Rossi dan Marc Marquez, kita dapat melihat perbandingan antara dua pembalap motogp ini. Rossi sebelumnya menjadi pembalap termuda yang dapat mewujudkan gelar juara dunia motogp ke 5 nya pada umur 26 tahun dan 221 hari. Sedangkan Marc Marquez yang juara di Twin Ring Motegi kemarin, berhasil mematahkan rekor The Doctor pada usia yang lebih muda. Marc Marquez mewujudkan titel juara dunia motogp yang ke 5 tepat pada usia 25 tahun dan 246 hari. Hal ini telah membuktikan The Baby Alien menjadi pembalap motogp terbaik daripada seniornya Valentino Rossi.

Marc Marquez mendapatkan titel ke 5 nya setelah bertarung sengit di barisan depan melawan pembalap Ducati Andrea Dovisiozo. Sejak awal memang pembalap dengan nomor punggung 04 ini cukup mendominasi posisi satu. Namun takdir berkata lain menjelang 3 lap terakhir. Dovisiozo harus rela melepaskan Marquez sendirian melaju tanpa hambatan setelah dirinya mengalami crash saat slipstream di tikungan bersama juara dunia motogp ini. Dovisiozo yang menggunakan ban depan soft tak mampu mempertahankan beban dalam sudut kemiringan saat membelok dan akhirnya terjatuh.

Dengan terjatuhnya Dovisiozo membuat Marc Marquez berjaya hingga Presiden Honda sendiri langsung turun merayakan kemenangannya di Motegi hari minggu 21 Oktober 2018. Selebrasi unik yang sudah dipersiapkan jauh hari muncul. Marc Marquez menaiki tangga yang beranak tujuh dengan arti 7 kali juara dunia. Sembari ia sampai di puncak, Marquez memainkan game retro motogp yang memperlihatkan ia melewati garis finis sehingga mendapatkan level 7 di permainan itu.

Jadi saya mengucapkan selamat untuk Marc Marquez atas titelnya yang kelima di tahun ini. Jangan berpuas diri dan tetap memperbaiki serta kalau perlu di tambah sebanyak-banyak hingga pensiun. Buat rider lain mungkin di tahun 2019 nanti diharapkan untuk kompetitif kembali, terutama untuk Valentino Rossi yang berambisi mewujudkan gelar juara dunia yang ke 10. Semoga motogp di tahun depan akan semakin seru dan kita mendoakan agar Yamaha yang sedang dirundung masalah saat ini, dapat menemukan solusi atas elektronik motornya di tahun depan.

Untuk 3 sisa seri ke depan dipastikan Marc Marquez akan all out dalam race. Karena ia tidak perlu lagi pusing memikirkan poin karena sudah mengunci juara dunia. Jadi kita tunggu perebutan tempat runner up juga akan sengit antara Dovi dan Rossi dan antara Yamaha dan Ducati. Saya memprediksikan ini bakal seru mengingat motor Ducati yang stabil melawan Yamaha yang masih struggle hingga penghujung musim 2018 ini. So, jika Rossi menempati peringkat ke 2 tahun ini maka alangkah malunya Dovisiozo dengan motornya yang stabil dan juga nilai kontrak yang ia pegang tahun depan nanti.

Dan yang terakhir yang menarik ada pertarungan dua rookie antara Hafizh Syahrin dan Morbidelli. Keduanya kini juga tengah memperebutkan gelar The Best Rookie 2019. Syahrin yang finis di urutan ke 10 kemarin digadang-gadang bakal menjadi pembalap Asia Tenggara pertama yang merengkuh gelah tersebut.Semoga lancar ya Syahrin dan terwujud cita-citanya. Dan sekali lagi selamat buat Marc Marquez lup u…bye. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *